waspada-5-kelemahan-epoxy-lantai

Waspada 5 Kelamahan Epoxy Lantai Yang Perlu Anda Ketahu

0813 8636 5028 (Bani)
Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong ( Sebrang Tajug )
Komp. Ruko Serpong 1 Cilenggang
No.17-A Kota Tangerang Selatan
Banten 15310

waspada-5-kelemahan-epoxy-lantai

Epoxy walaupun banyak dipilih dan digunakan saat ini untuk melapisi lantai bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Keunggulan epoxy yang cukup menguntungkan penggunanya membuat mereka lupa bahwa mereka harus waspada 5 kelemahan yang epoxy lantai miliki. Oleh sebab itu disini kami akan membuat tulisan yang menjelaskan tentang kelemahan tersebut agar anda tetap waspada.

Jika dilihat dari penggunaannya, epoxy pada lantai yang dahulunya hanya digunakan oleh industri kini sudah meningkat pasarnya. Dimana epoxy ini tidak lagi hanya digunakan pada lantai industri atau pabrik tetapi digunakan juga pada lantai seperti basement, rumah sakit, cafe, mall dan lain sebagainya. Karena memang epoxy bukan hanya keunggulannya yang membuat banyak orang tertarik tetapi manfaat lain yang juga bisa dirasakan.

Epoxy digunakan pada tempat umum bertujuan untuk menarik minat pengunjung untuk datang contohnya seperti cafe. Hal tersebut dikarenakan warna yang dimiliki oleh epoxy ini sangat beragam dan tidak hanya sampai disitu, juga lantai tersebut bisa dibuat gambar atau motif yang menambah nilai estetika pada lantai. Oleh sebab itu epoxy kini meningkat pasarnya.

Tetapi dari banyaknya keuntungan serta keunggulan jika anda menggunakan lapisan lantai ini bukan berarti tidak ada kekurangan yang dimilikinya. Untuk itu kami menghimbau untuk waspada 5 kelemahan epoxy lantai yang patut untuk diketahui.

Anda Perlu Waspada 5 Kelemahan Epoxy Lantai Ini

Seperti yang disinggung diatas epoxy tidak hanya menguntungkan tetapi juga ada kelemahan yang harus anda pertimbangkan sebelum menggunakan lantai jenis ini. Apa saja 5 kelemahan pada epoxy lantai tersebut dan apakah hal tersebut menjadi deal breaker anda untuk menggunakan epoxy ini? simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Lantai Licin

Lantai yang di epoxy memang tidak memiliki perawatan khusus, perawatan dapat dilakukan sebagaimana merawat lantai pada umumnya seperti lantai keramik. Oleh sebab itu anda dapat membersihkan lantai dengan cairan pembersih lantai pada umumnya sehingga dapat menghilangkan kotoran yang menempel. Akan tetapi jika cairan tersebut terlalu banyak mengandung busa maka hal tersebut bisa membuat lantai licin dan bisa membahayakan penggunanya.

Oleh sebab itu pilih pembersih lantai yang minim busa saat penggunaannya. Dengan demikian lantai tidak akan menjadi licin dan aman untuk anda gunakan. Ini memang hal sepele tetapi perlu diperhatikan karena bisa membahayakan penggunanya.

2. Aroma Menyengat

Saat proses pengaplikasiannya epoxy karena terbuat dari campuran bahan kimia membuatnya menimbulkan aroma yang menyengat dan kurang sedap. Ini juga menjadi hal yang perlu anda waspadai saat ingin menggunakan pelapis lantai jenis epoxy ini. Ruangan yang akan diepoxy harus steril dalam arti tidak ada kegiatan lain selain pengaplikasian epoxy.

Hal yang penting untuk anda ketahui adalah jika anda bergerak dibidang makanan maka sebaiknya pindahkan sementara produksi tersebut karena aroma yang ditimbulkan dari epoxy bisa merubah kualitas dari produk anda tersebut. Oleh sebab itu ini menjadi poin penting ke dua yang perlu anda waspadai.

Kelemahan Selanjutnya

3. Perlu Aplikator Dalam Mengaplikasikannya

Perlu anda ketahui bahwa epoxy lantai adalah jenis pekerjaan spesialis yang tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Walaupun jika dilihat proses pengaplikasiannya mudah tetapi banyak tahap dan juga proses yang harus dilakukan serta tidak boleh melewatkan satu tahap sedikitpun. Karena hal tersebut bisa menimbulkan masalah pada lantai nantinya.

Dengan begitu bijak untuk menggunakan aplikator dalam mengaplikasikannya. Semakin banyak pengalaman sebuah aplikator semakin baik juga hasil kerja yang dibersikan yang akan membuat anda menjadi puas terhadap epoxy pada lantai anda.

4. Sulit Jika Harus Dibongkar

Proses membongkar epoxy bisa dikatakan cukup sulit karena lapisan tersebut merekat dengan baik pada lantai. Dengan demikian diperlukan juga aplikator untuk melakukan hal tersebut karena membutuhkan alat khusus dalam prosesnya.

5. Biaya

Jika dilihat dari biayanya memang untuk mengaplikasikan epoxy ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi anda akan merasakan puas dengan hasil yang akan anda dapatkan. Epoxy lantai merupakan sebuah investasi pada lantai yang memungkinkan anda dapat menghemat perbaikan lantai dalam beberapa tahun kedepan karena ketangguhannya serta tidak mudah rusak walaupun aktifitas lantai tersebut yang padat.

Keunggulan Epoxy Lantai – Waspada 5 Kelemahan Epoxy Lantai

Untuk menjadi pertimbangan anda dalam menggunakan epoxy lantai, kali ini adalah keunggulan dari epoxy lantai yang bisa anda rasakan. Apa saja keunggulan tersebut, berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan Kekuatan

Lantai yang telah dilapisi dengan epoxy akan bertambah kekuatannya. Dimana aktifitas yang berat bisa dilakukan diatas lantai tersebut tanpa khawatir terjadi kerusakan. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah ketebalannya dimana ketebalan ini menentukan kualitas lantai itu sendiri.

2. Tahan Terhadap Bahan Kimia

Bahan kimia yang mengenai lantai tidak akan membuat lantai menjadi cepat rusak. Karena epoxy memiliki ketangguhan dalam hal tersebut dan tidak hanya unggul pada beban yang berat saja. Oleh sebab itu keunggulan jenis ini bisa dikatakan spesial karena jarang dimiliki oleh pelapis lantai lainnya.

3. Lantai Lebih Higienis

Selanjutnya adalah lantai epoxy lebih higienis. Karena pada lantai ini tidak terdapat garis nat yang bisa menjadi sarang bakteri jika dalam membersihkan lantai tidak maksimal. Lantai epoxy ini rata dan juga halus sehingga proses pembersihannya mudah dan tidak meninggalkan tumpukan kotoran karena mudah terlihat.

4. Warna Yang Menarik

Ini juga menjadi keunggulan dari pelapis lantai epoxy karena warnanya yang beragam. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa epoxy bisa dibuat gambar ataupun motif yang dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah lantai disebuah ruangan.

5. Menambah Kesan Mapan

Karena biaya yang dikeluarkan untuk epoxy lantai tidak sedikit maka penggunaannya membuat mapan sebuah perusahaan. Ditambah lagi jika diaplikasikan pada area yang luas dengan ketebalan yang tinggi maka citra perusahaan mapan sudah pasti melekat khususnya mapan dalam hal finansial.

Keunggulan Selanjutnya

6. Mudah Dibersihkan

Karena lantai ini rata dan juga halus maka dalam membersihkannya juga tergolong mudah. Serta kotoran yang menempel pada lantai mudah juga untuk dibersihkan tanpa memerlukan sebuahh perawatan khusus. Ini menjadi keunggulan walaupun biaya pengaplikasiannya besar tapi perawatannya mudah dilakukan.

7. Syarat ISO

Epoxy juga menjadi syarat untuk terpenuhinya ISO pada sebuah industri. Hal tersebut berkaitan dengan keselamatan kerja sehingga epoxy direkomendasikan untuk digunakan guna menekan tingkat kecelakaan kerja pada sebuah lantai.

Hubungi Kami

Jika anda telah mengatahui kelemahan dan juga kekurangan dari epoxy lantai maka kini anda yang menentukan apakah epoxy cocok untuk anda? jika iya maka segera hubungi marketing PT Apindo Karya Lestari untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait epoxy.

Dapatkan penawaran diharga yang spesial bagi anda calon customer kami. Gunakan juga jasa kami lainnya selain jasa epoxy lantai seperti jasa floor hardener, jasa waterproofing dan juga jasa injeksi beton. PT Apindo Karya Lestari pelopor aplikator jasa epoxy lantai berpengalaman sejak tahun 1987.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *